Rabu, 09 Mei 2012

facebook = cool, update, and education



FACEBOOK = COOL, UPDATE, AND EDUCATION
Oleh : Dika Pratiwi

Facebook adalah salah satu media informasi berupa jejaring sosial yang sekarang sudah digandrungi masyarakat dunia semenjak pertama kali di perkenalkan oleh Mark Elliot Zuckerberg pada tahun 2004,tepatnya di bulan February. Banyak kalangan sudah mulai meminati jembatan sosialisasi ini. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dari kalangan biasa sampai pejabat sekalipun rata-rata sudah memiliki Facebook.
Namun sayang, sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa Facebook adalah situs yang tidak penting dan lebih membawa dampak negatif bagi manusia. Mereka beranggapan demikian karena melihat Facebook hanya dengan sebelah mata saja. Kasus pemerkosaan, penculikan anak di bawah umur, bahkan sampai ajang pembunuhan, misalnya kasus-kasus yang membuat para orang tua illfeel terhadap facebook . Hanya karena inilah terkadang, para orang tua juga melarang anaknya untuk berkomunikasi via Facebook.
 Sebenarnya, dari sisi gelap Facebook yang selama ini dianggap negatif, ada sisi terang yang belum bisa tercerna dan termanfaatkan dengan baik. Kita bisa menggunakan akun Facebook sebagai media komunikasi jarak  jauh yang relatif murah dan cepat. Misalnya sekarang kita mempunyai saudara di luar negeri. Kita bisa menghubungi saudara tersebut dengan mudah. Melalui chatting, inbox, wall, dan segala fasilitas yang sudah tersedia di jejaring yang mengasyikkan ini.
Facebook juga bisa digunakan sebagai sarana pendidikan. Kita bisa berbagi pengetahuan,  pertukaran informasi penting tentang sekolah, kampus , baik di dalam atau di luar negeri dengan semua orang atau teman dengan mudah, cepat,  serta murah. Bukan hanya itu, pendidikan dalam konteks ini juga sangat berguna bagi sarana improving bahasa asing kita. Di Facebook, kita bisa mencari teman tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga bisa dari luar negeri. Dengan otomatis, kita berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa Internasional. Selain itu, kita juga bisa mengetahui budaya-budaya mereka melalui percakapan ringan seperti itu.
Dunia bisnis juga bisa terjangkau oleh jejaring gaul ini. Para pebisnis dan pengusaha dengan gampangnya share informasi dan mendistribusikan atau bahkan menemukan partner kerja (client) dengan bantuan  Facebook. Dengan begini, usaha mereka akan semakin lancar dan mudah berkat dunia maya.
Manusia sebagai manusia dikenal sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Untuk memenuhi hal tersebut, manusia juga sangat tidak bisa terpisahkan dari yang namanya sosialisasi. Facebook bisa menjadi salah satu sarana bersosialisasi dengan mudah. Di mana kita bisa menambah teman, berkomunikasi dan bercengkrama via jejaring yang praktis ini. Secara tidak langsung, kita bisa mempererat tali persaudaraan dengan teman, saudara, dan partner kerja.
Tak bisa dipungkiri lagi salah satu pemuas kebutuhan bathin manusia adalah refreshing. Lagi-lagi Facebook menjadi jembatan menuju hal itu. Dikala kita sedang mumet dan jenuh dengan segala kepadatan akivitas sehari-hari, kita bisa membuka akun Facebook kita barang sejenak. Karena, di akun anak gaul ini sangat banyak aplikasi-aplikasi menarik dan tidak membosankan bagi kita. Salah satunya chatting. Dan di chatting itu, kita bisa menemukan fasilitas video call, dsb. Selain itu kita juga bisa menunjukkan suasana hati dengan aplikasi “ suasana hati “, dan main game online via Facebook.
Sangat banyak sisi positif Facebook yang selama ini kita tutupi dan lupakan hanya dengan sisi negatifnya saja. Ternyata, setelah dtelusuri lagi, Facebook memiliki efek positif secara mengglobal. Seperti misalnya, pendidikan, sarana komunikasi, refreshing, business, dan sosialisasi.
Maka dari itu, janganlah kita hanya melihat sesuatu hal dengan sebelah mata saja. Kita coba gali bersama hal tersebut dan menfaatkan dengan sebaik mungkin. Seperti halnya dengan Facebook. Janganlah kita hanya melihat dari sisi negatifnya saja. Cobalah untuk memaknai dan memanfaatkan peggunaan Facebook dengan benar, karena Facebook tidaklah selalu berdampak negatif selama kita bisa menggunakannya dengan bijak. Penggunaan dengan didampingi orang tua, atau pembagian waktu penggunaan Facebook yang proporsional, misalnya, bisa kita lakukan untuk mencegah penyalahgunaan akun ini.  Selain gaul, update, dan keren, kita juga bisa mendapatkan pendidikan tanpa kita sadari dengan Facebook.

2 komentar: